Sejarah Desa Telaga

Administrator 07 Agustus 2018 15:22:16 WITA

Desa Telaga merupakan salah satu Desa dari 15 desa yang ada di Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Desa Telaga merupakan desa tua, sesuai dengan informasi daritua terdahulu, yang mana Desa Telaga pada awalnya adalah hutan dengan sedikit dataran dan dikelilingi perbukitan (mundukan).

Konon dahulu kala pada saat perjalanan Danghyang Dwijendra (Ida Danghyang Nirarta) yang di Bali disebut Ida Pedanda Sakti Wawu Rauh dari jawa ke Bali. Setelah tiba di Bali sempat beristirahat di Rambut Siwi kemudian melanjutkan perjalanan menuju arah ketimur melewati Bukit Kutul (Sekarang Puncak Sari). Dibukit Kultur ini dia memandangan tempat yang jauh di bawah sambil menundukan kepala (menguntul/kutul) dan pada saat itu jaga karena terkesan dengan keberadaan daerah yang di pandangnya dan menurut dugaan dia ditempat yang dipandang serta mengesankan pasti ada sumber airnya, akhirnya memerintahkan pengikutnya / pengiringnya untuk membuktikan dugaannya. Setelah pengikutnya menelusuri tempat yang ditunjukan ternyata terbukti ada sumber air atau genangan air dan hasil pembuktian ini dilaporkan kembali kepada Dia, Oleh karena itu atas pertimbangannya tempat ini diberikan sebutan Telaga. Lama kemudian para orang tua terdahulu yang datang memasuki tempat ini membuat tempat perlindungan ( gubuk ) sambil berusaha mencari mata pencaharian untuk biasa mempertahankan dan melangsungkan kehidupannya. Tak lama kemudian penduduk semakin banyak berdatangan kemudian berkembang dengan banyak pemukiman. Akhirnya para orang tua berkumpul dan bermusyawarah dan sepakat untuk membuat sebutan Desa. Pada kesempatan bermusyawarah tersebut ada juga menanyakan tentang nama sebutan Desa yang baru dibentuk. Jadi karena tempat yang dijadikan tempat pemukiman ini diberikan sebutan oleh Dia Ida Danghyang Nirartha (Ida Pedanda Sakti Wawu Rauh) adalah Telaga, maka Desa yang baru dibentukpun dimufakati diberi sebutan Desa Telaga yang dipimpin oleh Perbekel.

Kemudian zaman terus berkembang dan mengalami kemajuan, sesuai Peraturan Pemerintah sebutan Perbekel diubah menjadi Kepala Desa, khusus di Desa Telaga struktur Pemerintah Desa belum ada Kelian / Kadus, kemudian tahun 2003 berdasarkan musyawarah mufakat lembaga – lambaga yang ada didukung oleh warga masyarakat akhirnya sepakat mengajukan permohonan Pembentukan 2 Banjar Dinas dan menjadi difinitif tahun 2004.

Sekarang Desa Telaga mengalami kemajuan dengan memiliki 2 Banjar Dinas yaitu Banjar Dinas Kumuda Loka dan Banjar Dinas Padma Kencana.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Temukan Kami Di Facebook

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Kalender Bali

Lokasi Telaga

tampilkan dalam peta lebih besar